Thursday 13 June 2013

Taylor Swift : Perjalanan Hidup dan 4 Albumnya

Posted by armaita at 06:24

Hai hai.. kali ini mau ngeshare biografi Taylor Swift, sosok yang (terasa) amat sangat dekat denganku sekaligus inspirator dalam hidup. Karya-karyanya telah mendunia dan mendapat banyak penghargaan. Proud to be your fans, Taylor :-)

Taylor Swift lahir di Pennsylvania, 13 Desember 1989. Ayahnya bernama Scott Kingsley Swift, seorang pialang saham dan ibunya bernama Andrea Gardnera, ibu rumah tangga yang dulunya bekerja di bidang keuangan. Neneknya (dari pihak ibu), Marjorie Finlay adalah seorang penyanyi opera. Dari dialah jiwa seni Taylor berasal. Taylor memiliki saudara laki-laki yang lebih muda darinya bernama Austin.

 
Taylor gemar menulis dan bernyanyi sejak kecil. Ketika Taylor duduk di kelas empat, dia memenangkan kontes puisi nasional dengan sebuah puisi sepanjang tiga halaman berjudul "Monster in My Closet".

Taylor mulai belajar bermain gitar pada usia 12 tahun dari seorang pria bernama Ronnie yang datang ke rumahnya untuk memperbaiki komputer. Setelah itu, Taylor menulis lagu pertamanya, “Lucky You”, disusul lagu-lagu berikutnya. Lagu-lagu tersebut dia gunakan sebagai wadah untuk  mengekspresikan perasaannya, terutama karena dia menjadi korban bullying di sekolah.

Pada tahun 2005, orangtuanya mengajak Taylor pindah ke Nashville. Di kota itu, kemampuan Taylor dalam dunia musik semakin berkembang. Pada tahun 2006, ia pun merilis debut single "Tim McGraw".
Tak lama setelah itu, Taylor merilis album pertamanya, “Taylor Swift”. Seluruh lagu dalam album ini ditulis sendiri olehnya. Sampai akhir tahun 2008, album Taylor Swift telah terjual sebanyak 3 juta kopi di US.

Pada tahun 2008, Taylor merilis album kedua bertajuk “Fearless” yang langsung laris di pasaran. Hanya dalam dua bulan, album tersebut sukses terjual 2,2 juta kopi.
Pada acara MTV Video Music Award 2009, Taylor memenangkan kategori Best Female Video untuk videonya, You Belong with Me. Namun, sewaktu Taylor berpidato di atas panggung, rapper Kanye West tiba-tiba naik dan merebut mikrofon yang dipegang Taylor. Dia mengatakan bahwa video dari Beyonce ("Single Ladies") lah yang lebih layak menang. Tindakan Kanye West tersebut dinilai tidak pantas oleh banyak pihak. Akhirnya, Kanye West meminta maaf pada Taylor, dan Taylor menerimanya.

Pada tanggal 25 Oktober 2010, Taylor merilis album ketiganya, “Speak Now”. Dalam waktu satu minggu saja, album tersebut mencapai angka penjualan hingga satu juta kopi. Seperti album pertamanya, seluruh lagu dalam album Speak Now ini ditulis oleh Taylor sendiri.

Pada tanggal 22 Oktober 2012, Taylor mengeluarkan album terbarunya, “Red”. Red terjual 1,2 juta kopi pada minggu pertama album tersebut dirilis. Selain itu, Red juga meraih sukses di tangga lagu iTunes hanya 36 menit setelah dirilis di AS pada 22 Oktober lalu, dan terjual 465.000 eksemplar melalui iTunes Apple.

0 comments:

Post a Comment

 

A Small Town Girl Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos