Monday 12 May 2014

Minyak, Ramuan Alami untuk Kecantikan

Posted by armaita at 19:01
Sejak dulu, nenek moyang kita telah banyak menggunakan minyak untuk merawat kecantikan kulit mereka. Ya, beragam jenis minyak dipercaya mempunyai nutrisi yang berkhasiat mengencangkan, melembabkan dan menghaluskan kulit, serta membuat kulit awet muda.

Oleh karena itu, tak sedikit produk kecantikan yang beredar saat ini menggunakan minyak sebagai bahan dasarnya.

Lalu, apa saja sih jenis minyak yang yang digunakan?

1.      1.  Minyak Zaitun

Minyak zaitun diperoleh dari buah pohon zaitun (Olea europaea) yang banyak tumbuh di kawasan Mediterania. Tak hanya untuk menumis, minyak ini digunakan pula sebagai bahan kosmetik dan herbal.

Minyak zaitun banyak digunakan dalam bidang kesehatan karena kandungan asam lemak tak jenuhnya yang tinggi, khususnya asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal yang di dalamnya terdapat Omega 9 dan juga Omega 6 dengan kadar 65-85%. Tak jarang digunakan pula untuk kecantikan karena dipercaya menghaluskan kulit dan sebagai antioksidan.

Bahkan, Cleopatra, Ratu Mesir yang terkenal akan kecantikannya ini konon katanya juga menggunakan minyak zaitun untuk merawat kulit dan wajahnya.
Dengan mengoleskan minyak zaitun ke tubuh, kulit akan menjadi lebih halus. Pengolesan pada rambut juga membuat rambut tidah mudah lepek. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi para wanita, terutama yang dalam kesehariannya mengenakan jilbab.

2.       2. Minyak Argan
Minyak argan bersumber dari pohon argan (Argania spinosa) yang tumbuh di dataran Maroko. Minyak ini telah lama digunakan di Eropa sebagai bahan produk kecantikan karena khasiatnya yang sangat besar untuk merawat kulit, menguatkan kuku dan akar rambut, mengurangi kulit pecah-pecah serta sebagai campuran makanan nutrisi diet.

3.      3.  Minyak Marula

Pohon Marula yang banyak terdapat di kawasan Afrika Selatan ini mempunyai buah yang dapat menghasilkan minyak. Selama berabad-abad, minyak marula ini menjadi bagian penting dari ritual kecantikan, karena melindungi kulit dan rambut dari kondisi cuaca yang ekstrem dan merusak. 

Minyak ini mengandung vitamin C sebesar empat kali lipat daripada kandungan vitamin C pada jeruk, serta mengandung asam lemak omega-9, vitamin E dan flavonoid.
Kandungan inilah yang membuat kulit tetap terjaga kelembapannya, menjadikan kulit tetap terhidrasi, dan melindungi dari polusi udara serta radikal bebas.

4. Tea Tree Oil

Tea tree oil diambil dari pohon minyak kayu putih yang tumbuh di Australia. Penduduk asli Australia menggunakannya untuk mengobati luka bakar, teriris, gigitan serangga, dan infeksi kulit. Daun-daunnya juga dapat digunakan sebagai pengganti seduhan teh.

Di samping itu, minyak ini direkomendasikan untuk mengobati jerawat karena mengandung zat antiseptik yang dapat membunuh kuman pada wajah. 

(Diambil dari berbagai sumber)

0 comments:

Post a Comment

 

A Small Town Girl Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos