Wednesday 7 March 2018

Aplikasi Terbaik Belajar TOEFL

Posted by armaita at 20:28

Pesatnya perkembangan teknologi masa kini menciptakan tren baru dalam belajar: praktis dan interaktif. Tren belajar ini tidak menuntut pembelajar untuk membuka lembar demi lembar buku guna mendapatkan ilmu, untuk membawa buku setiap kali akan belajar, dan tidak pula menimbulkan cap 'kutu buku' dari orang-orang sekitar. Lebih dari itu, tren ini memungkinkan pembelajar mendapatkan fasilitas yang serba otomatis. Materi yang sudah dipelajari memiliki tanda berbeda dari yang belum. Jawaban-jawaban latihan soal secara otomatis dapat diketahui benar atau salahnya. Reminder aplikasi yang acap kali muncul pada panel notifikasi smartphone juga dapat membantu pembelajar dalam mengatur waktu belajar.

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, pada kesempatan kali ini, saya share informasi beberapa aplikasi gratis yang tersedia di Playstore untuk belajar TOEFL melalui smartphone.

1. Genius TOEFL


Genius TOEFL bisa dikatakan sebagai paket lengkap belajar TOEFL melalui smartphone. Memiliki tampilan yang simple, aplikasi ini terdiri dari 5 set practice tests beserta kunci jawaban yang dapat diakses ketika pembelajar selesai mengerjakan 1 set. Practice test pada aplikasi ini mencakup tes listening, structure, dan reading. Selain itu, terdapat pula informasi-informasi umum mengenai TOEFL sebagai gambaran bagi pembelajar, antara lain tempat les TOEFL, jenis tes, strategi tes (yang sangat bermanfaat), tips tes, persyaratan tes, registrasi tes, manfaat tes, dan sertifikat tes.
Sayangnya, fitur kunci menaklukkan soal listening, structure, maupun reading yang dibahas secara detail hanya tersedia untuk pengguna Genius TOEFL Pro.

2. TOEFL Practice


Sesuai namanya, aplikasi ini hanya terdiri dari tes latihan TOEFL. Secara total, terdapat 25 tes, namun hanya 8 tes yang tersedia gratis. Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya penjelasan dari kunci jawaban tes, serta tampilan minimalis yang sangat nyaman di mata.

3. Grammar for TOEFL


Aplikasi ini berupa latihan grammar TOEFL yang terbagi ke dalam level advance, intermediate, dan beginner. Apabila dijumlahkan, terdapat 4100 soal grammar dalam aplikasi ini.

Sayangnya, pembelajar hanya dapat mengetahui benar atau salah dari jawaban yang diberikan tanpa adanya penjelasan jawaban.

4. TOEFL Vocabulary


Soal-soal reading pada TOEFL yang mencakup berbagai konteks seringkali membuat panik para test-taker. Selain tidak menguasai bidang, vocabulary yang digunakan disebut-sebut merupakan vocabulary tingkat dewa. Namun begitu, pembelajar dapat berupaya mempelajari vocabulary yang frequently-used di dalam TOEFL. Melalui aplikasi ini, salah satunya. 

Terdapat tiga jenis vocabulary yang dapat dipilih sesuai level pembelajar: advance (mahir), intermediate (sedang), dan beginner (pemula). Level beginner dan intermediate masing-masing terdiri dari 100 kata, sedangkan advance 126 kata. Untuk mempelajari kata-kata tersebut, dilakukan pembagian ke dalam set-set. Normalnya, satu set terdiri dari 5 kata, namun dapat diatur menjadi kurang atau lebih sesuai keinginan pembelajar.
Dalam satu set, pembelajar akan menerima beberapa vocabulary yang dilengkapi arti dan contoh penggunaan dalam kalimat. Setelah itu, setiap vocabulary dimunculkan untuk ditebak artinya.
Selain latihan tersebut, list vocabulary dapat ditemukan di menu vocabulary dan menu favorit, dimana pembelajar dapat menandai vocabulary mana saja yang masih perlu dibaca kembali. 

5. Reading Comprehension TOEFL Preparation



Jangan mengira hanya akan menemukan teks panjang dan pertanyaan berdasarkan teks tersebut because this application is much more than that! Terdapat menu Today's Word, Practice Vocabulary, Practice Reading, dan Test.
 
Setiap nomor tes yang dikerjakan dapat langsung dicek benar atau salah dan penjelasan dari jawaban tersebut. Sementara pada menu vocabulary, pembelajar dapat memilih jenis latihan, seperti synonym, fill in the gaps, choose the right word, dan word substitution.

Mengenai tampilan, aplikasi ini didominasi warna ungu pastel dan abu-abu. So soft 😍

---
Jadi, aplikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu?
Silakan install, manfaatkan, dan yang paling penting adalah konsistensi dan komitmen diri untuk belajar.

Kurang? Baca Aplikasi Terbaik Belajar TOEFL Part 2

0 comments:

Post a Comment

 

A Small Town Girl Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos