Thursday 2 July 2015

Training Akademik Peneliti (TRAP) 2015: The Unforgettable Event

Posted by armaita at 01:45
 

Meskipun tidak bisa dikatakan sebagai pengalaman pertama, berada dalam kepanitiaan sebuah event termasuk hal baru bagi saya. Ini salah satunya. Kurang lebih lima minggu yang lalu, Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP) Unnes menggelar Training Akademik Peneliti (TRAP) 2015, yang merupakan satu dari sekian banyak program kerja Education and Training Department. Event tersebut digelar tepatnya pada tanggal 24 Mei 2015, dari pukul 08.00-14.30. Bertempat di Graha Cendekia FT Unnes, event ini dihadiri oleh sekitar dua ratus peserta.


Penyerahan kenang-kenangan untuk Pak Bayu oleh Ketua Panitia

Dengan tema “Explore Your Passion, Explore the World”, TRAP 2015 terdiri dari tiga pokok bahasan. Pokok bahasan pertama yaitu “Sukses Skripsiku” disampaikan dengan sangat menarik oleh Pak Bayu Triwibowo. Beliau merupakan dosen FT yang sekaligus menjabat sebagai koordinator keilmiahan fakultas tersebut. Pada kesempatan itu, Pak Bayu merinci langkah-langkah menulis skripsi, kiat menemukan ide dan judul, tips mencari referensi, serta hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam penulisan skripsi. Sangat cocok menjadi ‘asupan’ mahasiswa semester tua.

Sesi materi oleh Pak Tony

Pokok bahasan kedua adalah “Motivasi Beasiswa”. Tidak tanggung-tanggung, pembicara untuk sesi adalah reviewer sekaligus interviewer beasiswa LPDP. Tau kan, apa itu beasiswa LPDP? Oke, jadi beasiswa LPDP adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Keuangan kita bagi mahasiswa post-graduated yang ingin melanjutkan studi secara gratis di universitas dalam maupun luar negeri. Tidak hanya dibebaskan dari biaya kuliah, penerima beasiswa ini juga mendapat uang saku dalam jumlah ‘wah’. Di TRAP 2015, Pak Tony Dwi Susanto menyampaikan secara gamblang tentang empat belas kiat mendapatkan beasiswa. Perjuangan beliau ketika pertama kali berburu beasiswa, pengalaman studi di berbagai negara, hingga pengalaman mewawancara para pendaftar beasiswa, diceritakan di depan peserta TRAP.

Penyerahan kenang-kenangan untuk Pak Edi oleh Ketua UKM Penelitian

Memasuki tengah hari, peserta TRAP diberikan waktu ishoma. Acara dilanjutkan pada pukul 13.30 dengan pokok bahasan “Konsep Belajar di Kampus”. Pembicara untuk sesi ini adalah Pak Edi Subkhan. Beliau merupakan pendamping Lembaga Keilmiahan di salah satu fakultas Unnes, tepatnya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Di kalangan mahasiswa, beliau dikenal sebagai orang yang kritis dan sering mengajak diskusi mahasiswa.

Menjelang pukul 14.30, TRAP resmi ditutup dengan mengucap syukur.

***
Alhamdulillah, TRAP 2015 bisa dibilang menuai hasil cukup sukses, meskipun disertai dengan kerja pontang-panting panitia menjelang hari-H. Kendala di jauh-jauh hari mengenai jumlah peserta, keterbatasan dana, dan lain-lain nyatanya bisa teratasi begitu acara berjalan. Hari itu juga saya percaya, “tidak ada hasil yang mengkhianati usaha” ataupun sebaliknya, “tidak ada usaha yang mengkhianati hasil”. Semua kembali kepada diri kita. Kuncinya, optimis dan tetap semangat! :)

0 comments:

Post a Comment

 

A Small Town Girl Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos